Return to site

ICSA Gelar Webinar ESG Update

 

Senin, 20 Februari 2023 – Dengan berkembangnya Environmental, Social, and Governance (ESG), Indonesia Corporate Secretary Association (ICSA) mengadakan webinar dengan tema "ESG Update: Sustainability Disclosure Introduction to ISSB" pada Kamis (16/2). Webinar yang dihadiri lebih dari 95 peserta tersebut, mengundang Yuliana Sudjonno selaku Partner & Risk Assurance PricewaterhouseCoopers (PwC) Indonesia dan Nur Maliki Arifiandi selaku Policy Engagement Manager Carbon Disclosure Project (CDP).

International Sustainability Standards Board (ISSB) resmi dibentuk pada 3 November 2021. ISSB adalah suatu dewan yang dibentuk oleh International Financial Accounting Standard (IFRS) sebagai dasar global yang komprehensif dari standar pengungkapan terkait keberlanjutan, yang memberikan suatu informasi bagi investor dan pelaku pasar modal tentang risiko dan peluang terkait keberlanjutan perusahaan. ISSB mengembangkan kerangka kerja global untuk pengungkapan keuangan terkait keberlanjutan dan iklim. Kerangka ini dimaksudkan untuk bertindak sebagai dasar untuk pengungkapan tersebut, dan memberikan investor serta peserta pasar modal lainnya informasi tentang risiko dan peluang terkait keberlanjutan dan iklim perusahaan.

Standar ISSB menciptakan kerangka kerja mandiri untuk pengungkapan terkait keberlanjutan yang lebih luas. Keberlanjutan mencakup sejauh mana dampak dan ketergantungan perusahaan pada sumber daya dan hubungan, seperti tenaga kerja dan rantai pasokannya, serta hubungan dengan komunitas lokal (termasuk masyarakat adat) dan sumber daya alam.

Salah satu fungsi sekretaris perusahaan adalah sebagai penghubung antara perusahaan dengan pemangku kepentingan, sehingga memiliki peran penting dalam mengawal dan mendorong perusahaan mengimplementasikan pengungkapan laporan keberlanjutan yang sesuai dengan standar global. Dengan begitu bisa meningkatkan minat investor pada perusahaan.

Oleh karena itu, dengan diadakannya webinar ini ICSA berharap peserta yang mengikuti sampai akhir bisa mendapatkan informasi terbaru dengan perkembangan ESG saat ini dan dapat diimplementasikan pada perusahaannya masing-masing.

Bagi yang terlewat dengan acara ini, tidak perlu khawatir karena ICSA akan terus berkomitmen untuk mengadakan pelatihan-pelatihan setiap bulannya!

broken image

 

 

broken image