Return to site

ICSA Adakan Webinar Pendalaman Peraturan OJK tentang Laporan Tahunan

 

Senin, 6 Maret 2023 – Webinar regulatory bertajuk “Pendalaman SEOJK NO.16 /SEOJK.04/2021 tentang Bentuk dan Isi laporan Tahunan Emiten atau Perusahaan Publik” kembali diadakan Indonesia Corporate Secretary Association (ICSA) pada Selasa (28/2). Webinar yang dihadiri lebih dari 160 peserta tersebut, mengundang Dena Aksinia selaku Analis Direktorat Pengaturan dan Standar Akuntansi Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Alieta Lestariwandari selaku Analis Direktorat Pengaturan dan Standar Akuntansi Pasar Modal OJK.

Memasuki awal tahun, sekretaris perusahaan disibukkan dengan pembuatan laporan tahunan. Namun tidak jarang sekretaris perusahaan kesulitan dalam persiapan yang sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Oleh karena itu, ICSA mengadakan webinar ini dengan harapan peserta yang hadir bisa mengerti lebih jelas cara pembuatan laporan tahunan yang sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Bertepatan dengan diadakannya webinar tersebut, ICSA bersama Global Reporting Initiative (GRI) merilis e-handbook berjudul "Memimpin Penyusunan Laporan Keberlanjutan" yang diresmikan oleh Maryati selaku Sekretaris Jenderal ICSA dan Daniele Coronacion selaku Program Implementation Manager ASEAN Regional GRI.

Buku panduan tersebut dimaksudkan untuk menjadi kumpulan petunjuk singkat yang bertujuan untuk membantu sekretaris perusahaan dalam penyusunan laporan keberlanjutan untuk emiten dan/atau perusahaan publik yang disusun berdasarkan pengalaman panjang sejumlah perwakilan sekretaris perusahaan.

“Namun, buku panduan tersebut tidak menggantikan POJK 51/pojk.03/2017 dan GRI Standards 2021. Sekretaris perusahaan harus merujuk langsung pada POJK 51/2017 dan GRI Standards 2021 dalam proses penyusunan. Temuan, interpretasi, dan kesimpulan yang diungkapkan di dalamnya tidak mengikat dan tidak mencerminkan pandangan dari ICSA, GRI, dan tim penyusun, serta institusi manapun. Buku panduan tersebut akan melengkapi informasi untuk mempermudah sekretaris perusahaan mengatur penyusunan secara teknis,” ujar Maryati.

 

broken image
broken image