Return to site

Perkaya Pemahaman ESG melalui Workshop ICSA

 

Selasa, 6 September 2022 Workshop dengan tema “Memahami dan Mendorong Implementasi ESG pada perusahaan berhasil diadakan oleh Indonesia Corporate Secretary Association (ICSA) pada Kamis (1/9). Workshop tersebut mengundang narasumber, antara lain Iman Harymawan selaku Chief of ESGI Universitas Airlangga, Hendri Yulius selaku Country Program Manager Global Reporting Initiative, Andhina Budianie selaku Vice President Market & Credit Risk Enterprise Risk Management Division PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, Juferson V. Mangempis selaku Vice President Investor Relation PT Pertamina (Persero), Lucita Jasmin selaku Director of Sustainability & External Affairs April Group, dan Ali Rahmadi selaku Division Head of Sustainability Assurance Moores Rowland Indonesia serta dihadiri oleh 30 peserta melalui zoom meeting.

Penerapan Environment, Social, & Governance (ESG) hingga tahun 2022 ini telah menunjukkan peningkatan minat investor terhadap perkembangan investasi berkelanjutan berbasis ESG yang semakin populer. Sehingga dengan tersedianya dukungan kebijakan penerapan ESG dari regulator dan peningkatan minat investor, sudah saatnya perusahaan dapat memanfaatkan minat pasar tersebut, sebagaimana diamanatkan pula oleh Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 51/POJK.03/2017, yang mewajibkan Lembaga Jasa Keuangan (LJK), emiten, dan perusahaan publik menerapkan keuangan berkelanjutan dalam kegiatan usaha LJK, emiten, dan perusahaan publik.

Sehingga sekretaris perusahaan, sebagai fungsi yang menjembatani antara perusahaan dengan pemangku kepentingan memiliki peran penting dalam mengawal dan mendorong perusahaan mengimplementasikan ESG dari segi strategi, dan implementasi. Dengan begitu, pemahaman sekretaris perusahaan mengenai ESG, khususnya terkait kebijakan dan manfaatnya menjadi penting untuk mengoptimalkan penerapan ESG dan pertumbuhan positif pada Perusahaan.

Di dalam pelatihan ini peserta mendapatkan materi tentang kajian teoritis dan implementasi ESG, tantangan ESG, mengenal pembuatan ESG dari emiten, dan juga praktik verifikasi dari ESG.

ICSA berharap workshop ini dapat membantu para peserta untuk mengimplementasikan ESG pada masing-masing perusahaannya untuk bumi yang lebih hijau.

Jangan lupa ikuti workshop dan webinar ICSA selanjutnya!

broken image