Return to site

Tips Praktik Terbaik Negotiation dan Lobbying bersama Kompas pada Webinar ICSA

 

Kamis, 15 September 2022 Indonesia Corporate Secretary Association (ICSA) kembali mengadakan webinar non-regulatory dengan tema “One Step Closer to Your Goals: Be a Good Negotiator & Lobbyist” pada Jumat (9/9). Pada webinar ini ICSA mengundang Paulus Tri Agung Kristanto selaku Wakil Pemimpin Redaksi Harian Kompas sebagai fasilitator dan dihadiri lebih dari 100 peserta melalui zoom meeting.

Dalam usaha mengembangkan bisnis perusahaan, salah satu tugas penting dari pelaku bisnis adalah mencapai kesepakatan dengan pihak lain. Sebagaimana corporate secretary pada emiten atau perusahaan publik yang berfungsi sebagai narahubung perusahaan dengan pemegang saham, bahkan banyak emiten juga menjadi narahubung dengan berbagai stakeholder, diharapkan memiliki keterampilan negotiation dan lobbying. Negotiation dan lobbying merupakan suatu proses komunikasi antara dua pihak dengan masing-masing tujuan dan sudut pandang untuk mencapai kesepakatan bersama.

Corporate secretary mempunyai peranan penting di setiap pengambilan keputusan perusahaan di mana praktik negotiation dan lobbying sangat sering digunakan. Untuk itu, diperlukan pemahaman lebih mendalam terkait proses negosiasi, penguasaan prinsip dan keterampilan dalam melakukan komunikasi dan lobbying, serta kemampuan untuk mengidentifikasi kepentingan dari pihak pemangku kepentingan dan langkah penanganan terhadap berbagai hambatan yang muncul saat proses negotiation dan lobbying berlangsung.

Dengan diadakannya webinar ini, ICSA berharap peserta dapat memahami prinsip negosiasi dan lobbying yang baik, mengetahui negosiasi dengan cara yang terstruktur untuk mencapai hasil yang diinginkan, peserta dapat menguasai dan mampu mengembangkan teknik-teknik negosiasi secara efektif, selain itu juga bisa memahami bagaimana cara untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi.

Mari ikuti webinar serta workshop ICSA selanjutnya!

broken image