Return to site

ICSA Bantu Sukseskan Perusahaan yang ingin IPO dengan Gelar Workshop "Get Ready to IPO Journey"

Senin, 25 April 2022 – Indonesia Corporate Secretary Association (ICSA) mengadakan workshop dengan tema "Get ready to IPO Journey" pada Selasa-Rabu (19-20/4). Dengan mengundang empat narasumber yang kompeten di bidangnya, yaitu Shery Juwita Lestari (Executive Director, Investment Banking PT Mandiri Sekuritas), Andi Harun (Director PwC), M. Renaldi Zulkarnain (Partner Assegaf Hamzah Partners), dan Perdana Saputro (Corporate Secretary PT Bukalapak.com Tbk), workshop tersebut sukses diikuti 29 peserta.

Initial Public Offering (IPO) atau penawaran umum perdana saham adalah kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan dalam menawarkan sahamnya kepada masyarakat luas. Salah satu tujuan dari pelaksanaan IPO ini adalah untuk mendapatkan pendanaan yang berasal dari eksternal perusahaan dengan kepemilikan saham oleh masyarakat. Saat ini semakin banyak perusahaan memutuskan untuk menawarkan sahamnya kepada publik. Hal ini merupakan sinyal yang baik bahwa masih ada harapan bagi perusahaan untuk berkembang menjadi lebih baik dan semakin produktif di masa pandemi ini. 

Keputusan untuk go public merupakan suatu langkah besar dan membutuhkan persiapan yang sangat matang. Oleh karena itu, untuk menyukseskan IPO pada suatu perusahaan dibutuhkan peranan dan bantuan berbagai pihak dalam pelaksanaannya. Tidak hanya komitmen dan kerja keras dari perusahaan yang ingin melaksanakan IPO, namun juga dibutuhkan bantuan dari lembaga-lembaga yang mumpuni dan berpengalaman di bidang pelaksanaan IPO. Selain itu, bagi perusahaan yang akan IPO perlu menunjuk Penjamin Emisi Efek (PEE) dan Konsultan Hukum Pasar Modal terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Berangkat dari latar belakang tersebut, ICSA mengadakan workshop ini untuk memberikan gambaran dan pemahaman bagi seorang corporate secretary atau profesi pendukung lainnya tentang perjalanan suatu perusahaan tertutup menjadi perusahaan terbuka. 

Dengan diadakan workshop ini, ICSA berharap peserta dapat menambah pengetahuan dan bisa membantu apabila perusahaan di tempatnya bekerja memutuskan untuk melaksanakan IPO.  

Jangan lupa ikuti workshop dan webinar ICSA berikutnya, ya!

 

broken image

 

broken image
broken image
broken image